Belajar Menghargai Diri Sendiri

[10.01.2014] Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu pernah merasa kurang dihargai, kurang diperhitungkan dan bahkan tidak diperhitungkan sama sekali. Padahal mungkin segala daya dan upaya telah kita keluarkan untuk menunjukkan bahwa amanah yang kita pikul dapat kita penuhi dengan sungguh-sungguh.

Kondisi seperti ini akan berdampak pada perasaan kita, sering kita akan merasa dilecehkan bahkan dipandang sebelah mata.Bila sudah seperti itu, rasanya dunia ini mau kiamat saja. Kemana-mana semua terasa menyudutkan sungguh dunia menjadi selebar daun kelor. Uh… betapa sempit dan mencekik.

Kekecewaan seperti ini menurut Paul Hanna, tidak perlu kita carikan kambing hitam di luar sana. Menurutnya cobalah anda tilik ke dalam diri anda, mengapa demikian? Karena menurutnya
“Tak seorangpun mampu mengecewakan anda, kecuali anda sendiri yang mengijinkannya”.
Artinya bahwa  sebelum orang lain mengecewakan kita, sebenarnya bangunan psikologi kita memang sebuah bangunan psikologi kekecewaan. Kita merasa inferior dan tidak mampu menghargai diri sendiri.

Psikologi orang kecewa, seperti anjuran Paul Hanna, hanya bisa di hindarkan dengan cara,
“Anda harus mencintai diri sendiri sebelum orang lain mencintai anda. Siapa peduli atas pendapat orang lain tentang diri anda? Yang paling penting adalah pendapat anda tentang diri sendiri. Anda dapat  menipu  banyak orang kapanpun anda inginkan, tetapi anda tidak dapat menipu diri sendiri”.
Ini berarti bahwa bila anda tidak ingin dipandang rendah dan tidak dihargai oleh orang lain, maka andalah yang terlebih dahulu menghargai dan menghormati diri anda. Karena pandangan anda sendirilah pandangan paling obyektif tentang seperti apa anda sebenarnya, orang lain hanya ikut pada seperti apa anda memandang dan menghargai diri anda.

Untuk mengakhiri uraian singkat ini, ada baiknya kita renungkan bersama kata-kata Robert Schuller,
Kesuksesan tidak terjadi di luar dugaan anda, Kesuksesan terjadi melalui cara berfikir anda.”

Nah Loh..

3 Komentar

  1. menghormati diri sendiri.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Perlu sekali menghargai diri sendiri seblum menghargai orang lain

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama